Jumat, 28 Desember 2012

Pertentangan sosial dan integrasi masyarakat

`
Pertentangan sosial dan integrasi masyarakat
Manusia sebgai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan sesama manusia, saat berinteraksi dengan sesama manusia selalu di warnai oleh dua hal yaitu konflik dan keejasama dengam demikian konflik merupakan bagian dari kehidupan manusia.
Sumber konflik sosial
Konflik yang terjadi pada manusia terjadi karena brbagai sumber dan penyebab. Sumber konflik sangat beragam dan terkadang sifatnya tidak rasional. Pada umumnya penyebab konflik kepentingan sebgai berikut :
1.     Perbedaan kebutuhan, niali dan tujuan
2.    Langkanya sumber daya seperti kekuatan pengaruah uang, kekuatan, popularitas, ruang, waktu dan posisi.
3.    Persaingan ketika persaingan itu muncul dan penghargaan serta hak hak istimewa itu muncul maka konflik kepentingan akan muncul
Konflik dapat terjadi karena perbedaan pendapat, salah paham, ada pihak yang dirugikan dan perasaan sensitif.

1.  Perbedaan pendapat
Suatu konfik yang terjadi karena perbedaan pendapat dimana masing masing pihak merasa dirinya paling benar. Tidak nada yang mau mengakui kesalahan dan jika konflik ini berlanjut akan menghadirkan rasa ketidak enakan serta ketegangan.                                                                                             

2.   Salah paham
      Salah paham adalah hal yang dapat menimbulkan konflik, misalnya tindakan  dari seseorang yang tujuannya baik tetapi diterima sebaliknya oleh indvidu lain.

3.   Ada pihak yang dirugikan
      Tindakan salah satu pihak mungkin dianggap merugaikan yang lain atau masing masing pihak merasa dirugikan oleh pihak lain sehingga orang yang dirugikan merasa tidak enak, kurang senang atau bahkan membenci.

4.   Perasaan sensitif
Seseorang yang terlalu perasa sehingga sering salah mengartikan tindakan oranglain. Contoh : mungkin tindakan seseorang dianggap wajar tetapi dianggap merugikan oleh pihak lain.

Faktor penyebab konflik

1.   Perbedaan iindividu yang meliputi perbedaaan pendirian dan perasaan
Setiap manusia dalaj individu yang unik aritinya setaip orang memiliki pendiriaan dan perasaan yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan pendiriian dan persaaan akan sesuatu hal atau lingkungan ini dapat menyebabkan suatu konflik, sebab dalam menjalani hubungan sosial seseorang tidak sejalan dengan kelompoknya.

2.   Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda beda
Seseorang sedikit banyaknya akan terpengaruh dengan pola pikir oranglain dan pendirian kelompoknya. pemikiran dan perbedaan yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat menybabkan konflik.


3.   Perbedaaa kepentingan individu atau kelompok
Manusia memiliki perasaan pendirian atau latar belakang yang berbeda beda. Oleh sebab itu dalam waktu besamaaan masing masing orang atu kelompok memiliki kepentingan yang berbeda beda. Kadang kadang orang melakukan hal yang sama tetapi utnuk tujan yang berbeda.  


      







Tidak ada komentar:

Posting Komentar