Minggu, 28 Oktober 2012

PELAPISAN DAN KESAMAAN DERAJAT



Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat)
  
Terjadinya Pelapisan Sosial terbagi menjadi 2, yaitu:
  1.  Terjadi dengan Sendirinya
    Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.
  2. Terjadi dengan Sengaja
    Sistem pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.
    Didalam sistem organisasi yang disusun dengan cara sengaja, mengandung 2 sistem, yaitu:
    1) Sistem Fungsional, merupakan pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat.
    2) Sistem Skalar, merupakan pembagian kekuasaan menurut tangga atau jenjang dari bawah ke atas ( Vertikal )

Kesamaan derajat adalah sifat perhubungan anatara manusia dengan lingkugan masyarakat umumnya timbal artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyrakat maupun terhadap pemerintah negara.

Persamaan derajat didunia dimuat dalam University Declaration of Human Right (1848) dan pasal pasalnya seperti :
  1. (pasal 1) sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak yang sama mereka dikaruniai akal dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan
  2. (pasal 2 ayat 1) setiap orang berhak atas semua hak dan kebebasan yang tercantum tanpa terkecuali apapun seperti bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, politik dll. 
Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/pemuda-dan-sosialisasi-18/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar